Primadonabayan's Blog

primadonabayan merupakan blog berita khususnya seputar Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tengga Barat dari Radio Primadona FM

“Air Kali Putih” Dapat Mengobati Penyakit Kulit

Bayan-KLU, Salah satu  aset wisata yang terpendam di  Pulau Lombok adalah ‘Kali Putih’  yang terletak di perbatasan Kabupaten Lombok Utara dengan Kabupaten Lombok Timur. Konon air kali putih (tumpasan dari Danau Segara Anak-red)  ini dapat mengobati penyakit kulit dan reumatik.

Demikian diungkapkan oleh Abdul Manan, warga yang berasal dari Kecamatan  Suela Kabupaten Lombok Timur (Lotim). “Kami datang bersama puluhan warga untuk mandi sekaligus berobat, karena air kali putih dapat mengobati berbagai penyakit kulit dan reumatik. Sebab airnya mengandung unsur belerang” tuturnya pada PRIMADONA  (30/10).

Pada musim kemarau seperti sekarang ini, kali putih tidak pernah kering. Airnya yang mengandung belerang ini tetap mengalir, sementara sebagian batu yang ada di kali ini berwarna putih. Dan air kali inilah  satu-satunya sebagai tempat mandi dan mencuci bagi sebagian warga Desa Sambik Elen-KLU dan Desa Bilok petung-Lotim

“Sudah dua minggu ini  kami pergi ke kali putih untuk mandi dan mencuci pakaian, karena kami kesulitan memperoleh air bersih”, kata Adi (26) warga desa Sambik Elen.

Kali Putih menurut beberapa warga merupakan aset wisata yang perlu dikembangkan kedepan, lebih-lebih dari jalur kali ini terdapat air terjun yang tidak kalah indahnya dengan air terjun di Sindang Gila-Desa Senaru-KLU, yaitu air terjun Mayung Putih.

“Hanya saja obyek wisata  yang memiliki air berkhasiat ini belum dikelola dengan baik oleh pemerintah”, kata Subki, warga Sambelia-Lotim ini yang mengaku sering membawa keluarganya untuk berendam di Kali Putih.

Khasiat air Kali Putih, lanjut Subki, dapat mengatasi dan mengobati berbagai macam penyakit kulit bahkan penyakit reumatik, sehingga dirinya bersama beberapa warga Sambelia lainnya hampir setiap bulan datang untuk bernedam. “Ada juga warga kita dari Lombok Tengah datang  untuk mandi di tempat ini”, ungkapnya.

Sementara menurut Asri, Spd, belakangan ini banyak warga yang berkunjung ke Kali Putih, ada yang datang hanya sekedar menikmati pemandangan alamnya yang indah  dengan bebatuan yang berwarna putih, ada juga yang mandi dan mencuci pakaian. “Mereka mulai berdatangan pada pukul 13.00-17.00 wita, lebih-lebih  saat ini sedang musim kemarau berkepanjangan, sehingga banyak warga yang kesulitan memperoleh air bersih”, kata Asri seorang guru di SD Sambik Elen ini.

Untuk itu Asri bersama beberapa pengunjung mengharapkan, kepada pemerintah utnuk mengembangkan Kali Putin sebagai obyek wisata alam, karena bila ditata dengan rapi, tentu kedepan pengunjungnya akan semakin banyak, sehingga bisa menambah income daerah.

November 9, 2009 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: