Primadonabayan's Blog

primadonabayan merupakan blog berita khususnya seputar Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tengga Barat dari Radio Primadona FM

Pajak 3 Gili tahun 2010, di Prediksikan 10 M per Bulan

Tanjung-KLU,  Pendapatan dari sektor pajak hotel, restaurant dan yang lainya di tiga Gili (Gili Trawangan, Meno, dan Gili Air) untuk tahun 2010 mendatang di prediksikan  mencapai Rp 10 milyar per bulannya, melihat kenyataan di lapangan untuk tahun ini peredaran uang di tiga gili mencapai 600 juta US Dolars.

Pernyataan tersebut di katakan Kepala Dinas Perhubungan, Pariwisata, Komunikasi dan Informatika, KLU, Eko Suranto SH, MH, saat menghadiri rapat tata cara pemumungutan pajak untuk rumah makan, restaurant, dan kafe yang ada di wilayah kecamatan Tanjung, KLU. Acara yang berlangsung di Aula Kecamatan Tanjung Senin (9/11) kemarin juga di hadiri Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keungan dan Aset Daerah KLU, Drs. R Nurjati, Camat Tanjung, H Irnadi Kusuma S.STP dan juga pemilik rumah makan, restaurant, café yang ada di wilayah kecamatan Tanjung.

“Saat ini traif yang pajak yang ditarik di tiga Gili masih tergolong kecil jika di bandingkan dengan penghasilan yang di dapatkan dari pihak pengusaha karena masih menggunakan perda Lobar. Kita harapkan tahun 2010 mendatang pendapatan dari sektor pajak baik dari darat, laut dan sektor pariwisata dapat seratus persen, terlebih dengan adanya aggota DPRD KLU, tambah Eko.

Jumlah rumah makan di kecamatan Tanjung sebanyak 32 unit, dan hanya baru beberapa yang dapat merealisasikan pajaknya sebesar Rp 200 ribu per bulannya.

Dari pemilik rumah makan yang hadir pada saat itu menginginkan mekanisme pemungutan pajak dapat di lakukan sesederhana mungkin agar tidak menyulitkan pemilik rumah makan tanpa harus menggunakan birokrasi yang berbelit-belit. Belum lagi rumah makan yang memang kelihatannya mewah tapi pendapatan minim, belum lagi ada warung yang masih kecil sekali pendapatanan, terlebih hasilya yang tidak menentu, tutur Saeful pemilik warung ketapang, yang mengaku sering merugi, bahkan hasilnya pas-pas untuk biaya oprasional saja.

Menanggapi keluhan tersebut, Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, KLU, Drs. R. Nurjati, mengatakan, “ pajak adalah sesuatu yang harus dikeluarkan dan ini harus menjadi perhatian semua pihak. “ Memang sudah banyak tempat usaha (rumah makan-red) yang sudah berpartisipfai baik dalam megelurkan pajak, tapi banyak juga yang belum di terakomodir dengan baik. “

November 9, 2009 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: