Primadonabayan's Blog

primadonabayan merupakan blog berita khususnya seputar Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tengga Barat dari Radio Primadona FM

Tiga Rumah Dilalap si Jago Merah

Sambik Elen-KLU, Sekitar pukul 14.00 Wita (selasa, 10/11) tiga rumah penduduk Dusun Lenggorong, Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara dilalap Si Jago merah.

Menurut keterangan Waja (28) salah seorang korban, api berasal dari dapur rumahnya  sendiri. “Kebakaran ini terjadi karena  lupa memadamkan api di tungku setelah  masak untuk persiapan makan siang”, tutur Waja saat kami temui di TKP.

Kebakaran berlangsung kurang lebih selama dua jam dan baru pada pukul 16.17 Wita api baru bisa dipadamkan.

Kondisi cuaca yang cukup panas dan hembusan angin yang cukup keras menyebabkan api menjalar dengan cepat, sedang warga sekitar yang membantu memadamkan api kesulitan mendapatkan air, maklumlah beberapa minggu terahir Sambik Elen mengalami krisis air.sehingga dalam waktu dua jam tiga rumah dibumi hanguskan oleh Si Jago Merah.

A. Alimah Rohmah Ketua BPD Sambik Elen yang tinggalnya tidak jauh dari lokasi kebakaran  pada PRIMADONA mengatakan, pada musim panas seperti sekarang ini kebakran memang kerap kali terjadi lebih-lebih pada rumah yang masih menggunakan pagar bedek dan atap re (ilalang). “Karena itu masyarakat Lenggorong harus waspada agar kebakaran kali ini tidak terulangi lagi, apa lagi sekarang kita sedang mengalami krisis air”, harapnya.

Tidak ada barang yang bisa diselamatkan dari ketiga rumah yang dilalap oleh api. Rumah tersebut ludes bersama semua barang yang ada di dalamnya, syukurnya tidak ada korban jiwa. Api dipadamkan oleh warga setelah berusaha mencari air dari bak penampungan  warga sekitar yang masih memiliki persediaan air.

Sementara camat Bayan, R. Tresnawasi, S.Sos, ketika dikonfiemasi via hp, mengaku hingga berita ini diturunkan belum menerima laporan adanya kejadian kebakaran ini. “Saya belum menerima laporan, karena saya masih mengikuti pertemuan di Mataram”, jelasnya.

Dia juga mengaku cemas, karena kebakaran yang terjadi di kecamatan Bayan berturut-turut, setelah  dua rumah dilalap si jago merah di Tanak Lilin Desa Loloan, kini disusul lagi dengan kejadian di Dusun Lenggorong Desa Sambik Elen. “Saya cemas, karena sejak bulan September hingga Nopember ini belum juga turun hujan, sementara di beberapa tempat di KLU hujan sudah mulai turun”,  tambahnya.

Camat Bayan meminta kepada masyarakat agar tetap waspada pada musim kemarau sekarang ini, agar tidak terjadi kebakaran lagi di wilayah kita. “Saya berpesan kepada masyarakat supaya tetap waspada, jangan sampai sembarangan menyalakan api, agar kita terhindar dari musibah kebakaran”, pintanya.

Dari kebakaran ini Kerugian diperkirakan sekitar puluhan juta dan untuk sementara korban (keluarganya Waja, Munah, dan Gor) harus mengungsi di rumah tetangganya.

Korban berharap, pemerintah dan para relawan memberikan bantuan kepada mereka sebab semua barang yang mereka miliki ludes dilalap si jago merah. (Asri)

November 11, 2009 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: