Primadonabayan's Blog

primadonabayan merupakan blog berita khususnya seputar Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tengga Barat dari Radio Primadona FM

Budayawam dan Tokoh Adat Minta Rumah Dinas Bupati Digusur

Sumbawa Besar (Primadona Bayan)
Budayawan dan tokoh adat Samawa meminta Istana Sultan Kaharuddin III (kini Wisma Daerah) dikembalikan ke bentuk aslinya, dan menjaga kemurniannya dengan menggusur bangunan non cagar budaya di kompleks istana itu termasuk rumah dinas Bupati Sumbawa. “Tanah di Sumbawa ini masih luas. Masih cukup untuk membangun rumah dinas bupati,” papar Drs H Gani Slim pada musyakara Lembaga Adat Tana Samawa, kemarin.
Hal yang sama sambung Gani Slim pada Istana Tua Dalam Loka yang kini kondisinya sudah terkontaminasi oleh bangunan non cagar budaya. “Istana Dalam Loka dan Istana Sultan Kaharuddin III merupakan istana yang dapat dijadikan sumber belajar generasi penerus selain menjadi obyek wisata dan budaya,” kata Gani Slim.
Karenanya untuk mensterilkan istana Dalam Loka tersebut, Gani menyarankan agar bangunan non cagar budaya di kompleks istana tersebut dibebaskan dengan melakukan pendekatan kepada pemiliknya melalui pemberian kompesasi yang disepakati kedua pihak.
Lembaga Adat kata Gani Slim dapat menjadi mediator pembebasan bangunan tersebut.
sementara itu, putri kesultanan Sumbawa, Hj Daeng Indo Rahayu mengatakan, Istana Tua dan Istana Sultan Kaharuddin III sudah banyak mengalami perubahan. Ini terjadi katanya, karena pemugaran maupun renovasinya tanpa mengikutsertakan atau paling tidak berkoordinasi dengan pewaris istana. “Terus terang, kami tidak pernah ikutsertakan dalam renovasi Istana Tua. Begitu juga dengan Wisma Daerah (Istana Sultan Kaharuddin III),” ungkap Daeng Indo.

Desember 25, 2009 - Posted by | Budaya Dan Sejarah

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: