Primadonabayan's Blog

primadonabayan merupakan blog berita khususnya seputar Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tengga Barat dari Radio Primadona FM

Mamfaat ASI Bagi Bayi

MATARAM – Harus disadari pengetahuan masyarakat, khususnya kalangan ibu-ibu tentang manfaat Air Susu Ibu (ASI) masih minim. Padahal, manfaat ASI bagi pertumbuhan dan kesehatan bayi ke depan, terutama bagi bayi yang baru dilahirkan sangat besar. Selain bisa menghindari bayi dari berbagai macam jenis penyakit, juga mengurangi angka kematian bayi.

Demikian disampaikan Konselor ASI Internasional, dr. Utami Rusli, SPA, usai mengisi acara di Hari Ibu ke 81 di Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur NTB, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, dari data yang ada di seluruh Indonesia, sebagian besar bayi-bayi yang baru dilahirkan jarang diberikan ASI eksklusif oleh ibunya. Bayi-bayi yang baru dilahirkan tersebut, katanya, justru diberikan susu formula yang dinilai tidak begitu baik bagi kesehatan bayi.

Paling tidak, ujarnya, begitu bayi baru dilahirkan harus diberikan ASI eksklusif oleh ibunya. Cara yang paling tepat dalam memberikan ASI eksklusif, dengan Inisisasi Menyusui Dini (IMD). ‘’Caranya, bayi yang baru dilahirkan diletakkan di dada ibunya. Nanti si bayi yang mencari sendiri puting susu ibunya. Cara ini sangat efektif, khususnya dalam menurunkan kematian bayi,’’ ungkapnya.

Namun, cara seperti ini jarang sekali dilakukan di Indonesia. Tak heran, angka kematian bayi di Indonesia dianggap masih cukup tinggi. Dari data World Health Organization (WHO) tahun 2005 di Indonesia, dari 1.000 angka kelahiran hidup sebanyak 46 bayi meninggal. Banyaknya bayi yang meninggal ini, disebabkan bayi tidak diberikan ASI eksklusif oleh orang tuanya. ‘’Jika diberikan ASI eksklusif, khususnya selama 6 bulan, maka akan bisa menurunkan kematian bayi sebanyak 16 persen,’’ paparnya.

Untuk itu, harapnya, peranan orang tua, khususnya suami dalam memberikan ASI eksklusif sangat besar. Apalagi, pemberian ASI langsung dari ibunya sudah ada dalam Al Quran, sehingga umat Islam harus memberikan ASI eksklusif bagi bayinya, agar bisa tumbuh dengan baik. Belum lagi dengan ASI, IQ bisa meningkat, bayi juga terhindar dari penyakit kanker atau penyakit berbahaya lainnya. (ham)

Desember 25, 2009 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: